EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Daftar Hari Raya Umat Hindu Bulan Maret 2020

Pada bulan maret 2020 umat hindu tidak hanya merayakan hari raya Nyepi melainkan ada sekitar 10 hari raya yang dirayakan umat Hindu khususnya di Bali selama bulan Maret 2020.
Mulai dari Umanis Kuningan, Tilem, Nyepi hingga Kajeng Kliwon, berikut hari raya umat Hindu di Bali selama bulan Maret 2020.

1.Umanis Kuningan.
Umat Hindu merayakan Umanis Kuningan pada Minggu 1 Maret 2020 lalu.
Umanis Kuningan dirayakan sehari setelah hari raya Kuningan, tepatnya pada Minggu Umanis Langkir. Pada Umanis Kuningan, biasanya masyarakat melakukan kunjungan kepada kerabat atau saudara untuk mempererat tali persaudaraan.

2. Hari raya Buda Wage Langkir
Hari raya Buda Wage Langkir jatuh pada Rabu, 4 Maret 2020.
Buda Wage Langkir atau yang disebut Buda Cemeng Langkir dirayakan setiap enam bulan sekali, tepatnya empat hari setelah hari raya Kuningan. Adapun upacara yang dipersembahkan saat Buda Cemeng ini yakni wangi-wangian.
Melakukan pemujaan di sanggah dan di atas tempat tidur serta menghaturkan kepada Sang Hyang Sri dan pada malam harinya melakukan renungan suci.

3. Hari Bhatara Sri
Hari Bhatara Sri ini diperingati pada Jumat, 6 Maret 2020.

4. Hari Purnama Kesanga
Hari Purnama Kesanga diperingati sebulan sekali atau setiap 15 hari sekali yakni saat bulan penuh atau sukla paksa.
Masyarakat Hindu memperingati Purnama Kesanga pada Senin, 9 Maret 2020, purnama juga merupakan hari penyucian diri lahir batin.

5. Anggara Kasih Medangsia
Anggara Kasih Medangsia dirayakan pada Selasa, 10 Maret 2020.
Hari raya ini merupakan hari raya Hindu yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Anggar Kasih Medangsia merupakan hari raya atau rerahinan yang jatuh berdasarkan pertemuan antara Saptawara yaitu Anggara, Pancawara yaitu Kliwon, dan wuku Medangsia.
Anggara Kasih merupakan hari untuk mewujudkan cinta kasih terhadap dirinya.

6. Kajeng Kliwon Uwudan
Umat Hindu di Bali merayakan Kajeng Kliwon Uwudan pada Minggu, 15 Maret 2020.
Kajeng Kliwon merupakan hari raya yang diperingati setiap 15 hari sekali, hari raya Kajeng Kliwon Uwudan merupakan hari raya yang berdasarkan pertemuan antara triwara terakhir yakni Kajeng dengan pancawara terakhir yakni Kliwon.
hari raya ini dianggap keramat di Bali.

7. Tilem Sasih Kasanga dan Pengerupukan
Rangkaian hari raya Nyepi setelah melasti adalah Tawur Kesanga.
Tawur ini dilaksanakan sehari sebelum Nyepi atau lebih tepatnya saat Tilem Sasih Kasanga dan sebelum melaksanakan pangerupukan, dilaksanakan Tawur terlebih dahulu.
Tilem Kesanga dan Pengerupukan berlangsung pada Selasa, 24 Maret 2020. Setelah pengerupukan, ada rangkaian lagi yaitu penataban banten pamiyakala prayascita.

8. Hari raya Nyepi
Umat Hindu merayakan hari raya Nyepi pada Rabu, 25 Maret 2020.
Hari ini melakukan catur brata penyepian dan meditasi. Pada saat ini semua aktivitas umat hindu berhenti total selama 24 jam.

9. Buda Kliwon Pegatuwakan
Selain Nyepi, 25 maret juga dirayakan Buda Kliwon Pegatuwakan.
Pegatwakan ini jatuh setiap 210 hari atau setiap enam bulan sekali tepatnya pada Buda (Rabu) Kliwon wuku Pahang atau 35 hari setelah Galungan.
Pada hari ini merupakan rangkaian terakhir dari hari raya Galungan atau menandai berakhirnya rangkaian hari raya Galungan.

10. Hari Ngembak Geni
Hari Ngembak Geni dirayakan sehari setelah Nyepi, tepatnya pada 26 Maret 2020.
Pada acara Ngembak Geni, seluruh umat Hindu biasanya melakukan pelukatan dan melakukan Dharma santi kepada kerabat atau saudara.

Itulah daftar hari raya suci umat Hindu pada bulan Maret semoga Bermanfaat. [RA]