EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Delapan objek cagar budaya berupa Arca hindu di hadirkan ke Museum Air “Water for Life” Jogja Bay Waterpark

Delapan objek cagar budaya berupa Arca hindu di hadirkan ke Museum Air “Water for Life” Jogja Bay Waterpark, pada Senin 18 November 2019 lalu.
Kedelapan arca tersebut di antaranya adalah Ganesha, Lingga, Yoni, Makara (2 buah), Jaladwara (2 buah), dan Padmasana.

Arca Ganesha yang dikenal sebagai Dewa Pelindung, Ilmu Pengetahuan, dan Kebijaksanaan oleh umat hindu dan Makara berupa hiasan binatang mitos berbentuk ikan berkepala gajah sebagai penolak bala pun dapat ditemui di sini.
Di kutip dari radarjogja.com marketing Communication Jogja Bay Waterpark Medha Zeli Elsita menyebutkan, Serah terima peminjaman koleksi benda cagar budaya ini dilakukan oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya DIJ Zaimul Azzah kepada I Nyoman Mastra selaku Management Park Service Jogja Bay Waterpark.
“Dengan hadirnya cagar budaya di Jogja Bay Waterpark ini, kami berharap nilai edukasi yang bisa didapatkan oleh pengunjung pun bertambah khususnya di bidang arkeologi,” ujar Medha

Delapan arca ini meliputi koleksi bersejarah yang berasal dari Ambarukmo (Sleman), Wates (Kulonprogo), Puren (Sleman), dan Kompleks Canti Prambanan. Koleksi ini akan digunakan untuk kepentingan pendidikan, ilmu pengetahuan, kebudayaann, sosial, dan pariwisata.
Sejumlah koleksi berharga ini diletakkan di sisi halaman depan atau di sisi utara Museum Air “Water for Life” Jogja Bay Waterpark. Dengan adanya koleksi cagar budaya ini diharapkan akan dapat menambah nilai edukasi sejarah kunjungan ke Museum Air “Water for Life” Jogja Bay Waterpark.
Museum Air Jogja Bay diluncurkan sejak Oktober 2018 lalu. Menjadi satu-satunya museum edukasi yang tidak hanya memuat sisi pengembangan ilmu pengetahuan alam akan tetapi juga sisi sejarah karena memuat kisah tentang Mataram.