EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Dirjen Bimas Hindu: Ambil Peran Perkuat BDDN

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto menyampaikan harapan dan arah kebijakan Dirjen melalui tulisan yang dikemas dalam “Layang Selapanan #1 tertanggal 14 September 2020. Dalam tulisan tersebut, Tri Handoko Seto yang dilantik pada 10 Agustus 2020 lalu menyampaikan beberapa poin sebagai arah kebijakan dan program.

Salah satu poin yang disampaikan adalah adanya penguatan Badan Dharma Dana Nasional (BDDN). Hal ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Hindu.

“Kualitas sumber daya manusia (SDM) dipengaruhi oleh tingkat ekonomi. Pendidikan rendah karena tidak ada biaya untuk sekolah. Kemiskinan mengakibatkan tidak adanya kesadaran dan kemampuan bersekolah,” jelasnya.

Maka ekonomi, lanjutnya juga perlu mendapat perhatian. Regulasi dana umat harus menjadi perhatian serius. “Kita harus ambil peran memperkuat BDDN,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, BDDN merupakan badan resmi PHDI Pusat yang bertugas untuk menghimpun dharma dana atau sumbangan wajib keagamaan Hindu berdasarkan Bhisama Sabha Pandita tentang Dana Punya tahun 2002.

BDDN juga telah ditetapkan sebagai badan/ lembaga penerima sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto melalui Peraturan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI Nomor: PER-15/PJ/2012 tanggal 11 Juni 2012, yang telah mengalami perubahan terakhir nomor: PER-05/PJ/2019 tanggal 26 Maret 2019 tentang Badan/Lembaga yang Dibentuk atau Disahkan oleh Pemerintah yang Ditetapkan sebagai Penerima Zakat atau Sumbangan Keagamaan yang Sifatnya Wajib yang Dapat Dikurangkan dari Penghasilan Bruto. [ts]