EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Film Bali: Beats of Paradise Rilis di Bioskop Indonesia

Bali: Beats of Paradise, film dokumenter tentang kebudayaan Bali ini rilis di bioskop-bioskop Indonesia pada Kamis 22 Agustus 2019 hari ini. Secara garis besar film ini menceritakan gamelan dan musik Bali di kancah internasional. Film yang disutradarai Livi Zheng ini mengisahkan perjuangan Nyoman Wenten dan Naniek Wenten memperkenalkan musik dan tarian Bali di Amerika Serikat. Nyoman Wenten mengajar di departemen Etnomusikologi di Sekolah Musik UCLA Herb Alpert dan Sekolah Musik CalArts. Mereka sudah tinggal di sana selama 40 tahun. Menjelang kepulangannya ke Bali untuk pensiun, Ia secara kebetulan bertemu dengan Judith Hill, salah seorang penyanyi pemenang Grammy Award, mereka berkerja sama dan berkolaborasi untuk menghasilkan karya perpaduan musik gamelan dan funk. Dalam perkembangannya, musik gamelan menyebar ke sebagian besar negara bagian di Amerika. Sayangnya, perluasannya justru menurun di Tanah Air.

Wenten ingin meninggalkan sesuatu yang istimewa sebelum beliau pensiun dan kembali ke Bali. Hill dan Wenten bekerja bersama di studio mengerjakan “Queen of the Hill”, sebuah lagu yang memadukan musik funk dan gamelan. Mereka memutuskan untuk membuat video klip yang diambil di Joshua Tree Desert, California Selatan. Video klip tersebut adalah kaleidoskop dari musik funk dan tarian tradisional Bali.

Bali: Beats of Paradise diproduksi oleh Pt. Negara Agung Film dengan durasi selama 56 menit. Bali: Beats of Paradise masuk dalam daftar kualifikasi film yang berpeluang menjadi salah satu nominasi piala Oscar 2019.

Pada tahun 2010, ada 274 film yang dikirimkan, lalu turun menjadi 248 pada tahun berikutnya. Pada tahun 2012 kembali terjadi peningkatan dalam jumlah film yang masuk, yakni 265, 282 pada tahun 2013 dan 289 pada 2014. Nominasi Oscar diumumkan pada 22 Januari 2019 dan upacara penghargaannya berlangsung pada 24 Februari di Hollywood. Sebelumnya, film ini juga membawa Livi Zheng mendapatkan penghargaan Culture Ambassador Award di The Unforgettable Gala, AS, pada Sabtu 8 Desember 2018 lalu. The Unforgettable Gala merupakan acara penghargaan yang ditujukan untuk orang Asia-Amerika di Negeri Paman Sam (Amerika Serikat).