EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Hindu Sebagai Agama Terbesar Ketiga di Dunia

Hindu saat ini merupakan agama terbesar ketiga di dunia setelah Islam dan Kristen. Hindu juga salah satu agama tertua di bumi ini dan hampir 99,99% dari total populasi Hindu tinggal di Asia Selatan dan India terdiri dari 90% pengikut Hindu.

Agama Hindu yang menganut ajaran Sanatana Dharma yaitu “Kebenaran Abadi” dan Vaidika-Dharma yaitu “Pengetahuan Kebenaran” adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Ajaran ini merupakan lanjutan dari jaman Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya).
Ajaran agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini.

Jumlah masyarakat Hindu di Tanah Air memang tidak begitu besar, dibanding pemeluk agama lainnya, namun di sejumlah negara lain terutama di kawasan Asia Selatan, pemeluk agama Hindu adalah mayoritas.

Berikut lima negara dengan populasi penduduk pemeluk agama Hindu terbesar di dunia menurut worldatlas.

1. India
India merupakan tempat berkembang pesatnya agama Hindu yang dibawa oleh Bangsa Arya sekitar 1500 tahun sebelum masehi. Kebudayaan masyarakat India sudah sangat kental dan menyatu dengan ajaran Hindu.
Di India menurut estimasi, terdapat 973.750.000 penduduk beragama Hindu. Hal tersebut membuat 94.30% pemeluk Hindu di dunia ada di India.
2.Nepal
Nepal merupakan negara tetangga India. Jumlah penduduk Nepal yang beragama Hindu sebanyak 24.170.000 jiwa, jumlah tersebut membuat Nepal sebagai rumah dari 2,3% penduduk Hindu di dunia.
3.Banglades
Banglades terletak di sebelah timur India dan sebelah selatan Nepal. Negara dengan ibu kota Dhaka tersebut, memiliki jumlah penduduk beragama Hindu sebanyak 12.680.000 jiwa. Negara ini merupakan rumah bagi 1,2% penduduk Hindu di dunia.
4. Indonesia
Ketika Indonesia masih didominasi kerajaan, mayoritas penduduknya beragama Hindu-Budha, namun dengan perkembangan Islam yang pesat, kini pemeluk agama Hindu hanya terkonsentrasi di wilayah Pulau Bali, masyarakat Bali merupakan pemeluk agama Hindu yang taat.
Menurut estimasi, terdapat 4.050.000 pemeluk Hindu di seluruh Indonesia atau 0,4% dari total populasi penduduk dunia yang memeluk Hindu.
5. Pakistan
Pakistan merupakan negara mayoritas pemeluk agama Islam, namun jumlah penduduk pemeluk agama Hindunya cukup signifikan. Pakistan memiliki jumlah penduduk Hindu sekitar 3.330.000 jiwa atau 0,3% dari total populasi penduduk dunia. [RA]