EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Makna Selendang atau Senteng

Selendang atau Senteng adalah selembar kain dengan panjang 1 sampai 2 meter dengan lebar kurang lebih 10 sentimeter, yang diikat di perut.
selendang wajib dikenakan orang Bali pada saat upacara adat, seperti ke Pura, upacara kremasi, hari raya, maupun acara keagamaan di Bali.
Selendang atau orang Bali sering menyebutnya sebagai “Senteng” memiliki banyak makna, diantaranya adalah sebagai simbol pembenaran.
Yaitu para orang yang mengajarkan anak-anaknya agar dapat berprilaku baik dan selalu menjunjung tinggi kebaikan (Dharma).
Makna yang kedua adalah saat memasuki area suci seperti Pura, Senteng bermakna sebagai pengikat niat buruk dalam jiwa manusia, agar niat buruk tidak timbul dan membuat kegaduhan.
Karena Selendang atau Senteng ini dipakai biasanya di area pinggang, perut, atau dada, selendang juga bermakna sebagai pemisah antara tubuh bagian atas yang lebih suci dengan tubuh bagian bawah.
Serta makna yang terakhir adalah jika dipakai perempuan yang belum menikah adalah supaya perempuan yang mengenakan senteng bisa menjaga rahimnya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sebelum waktunya menikah.[RA]