EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Makrab dan Festival Baleganjur yang di Gelar Ikatan Pemuda Hindu Banten (IPHB)

Malam keakraban (makrab) dan festival baleganjur pertama yang di gelar Ikatan Pemuda Hindu Banten (IPHB) pada 28-29 September 2019 kemarin, di Pura Eka Wira Anantha, Serang, Banten berjalan sukses.
Acara yang dihadiri sekitar 200 orang lebih ini, tidak hanya berasal dari kalangan muda-mudi banjar se-Banten saja namun para orangtua juga turut meramaikannya.

Ketua PHDI provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja, Pembimas Hindu provinsi Banten Sunarto, Kelian banjar Serang Gede Darmayadi serta umat dari perwakilan enam banjar di provinsi Banten pun turut hadir pula.

Tujuan di adakan-nya acara ini adalah untuk menjalin kekompakan pemuda Hindu di Banten serta melestarikan seni dan budaya Hindu di Banten.

Acara ini diawali dengan yoga bersama, makan dan lomba antar pemuda-pemudi. Untuk kalangan perempuan, di gelar lomba membuat banten pejati. Sementara bagi kalangan pria, di gelar lomba membuat sanggah caru-caru. Acara dilanjutkan dengan penampilan artis Bali, Puja Astawa yang didatangkan langsung ke Serang.

IPHB mendatangkan Puja Astawa, lantaran konten-konten videonya yang lucu dan mengedukasi sehingga ia dikenal oleh kalangan anak muda Bali. Hal inilah yang membuat IPHB tertarik menghadirkannya guna memberi motivasi bagi kalangan muda Hindu Banten.

Untuk perlombaan pada festival baleganjur, IPHB mendatangkan tiga orang juri dari DKI Jakarta dan Bekasi yang menguasai tentang seni tersebut. Penilaian festival baleganjur dari sisi kekompakan dan keselarasan sebesar 50 persen, teknik sebanyak 30 persen dan 20 persen kreativitas.

Hasilnya juara pertama diraih oleh Perhimpunan Pemuda Pemudi Hindu Tangerang (Permudhita), juara kedua di raih oleh Sekaa Teruna Teruni Hindu Dharma (STHD) Ciledug, juara ketiga diraih oleh Perhimpunan Muda Mudi Hindu Tigaraksa (Permudhiksa) dan juara Harapan I di raih oleh Dharma Taruna Banten (DTB) Serang.

Masing-masing juara mendapat dana pembinaan. Untuk lomba pembuatan banten pejati, pemenang pertama STHD Ciledug. Kedua DTB Serang, ketiga Permudhiksa dan juara Harapan I Permudhita.[RA]