EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Mengawal Transparansi dan Akuntabilitas di Indonesia

Gede Narayana, adalah salah satu komisioner periode 2017 – 2021 yang dipercaya sebagai Ketua Komisi Informasi Pusat. Menurutnya Transparansi menjadi isu penting dalam pengelolaan badan publik. Transparansi khususnya bidang informasi harus dilakukan sebaik mungkin bagi badan publik seperti lembaga atau instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah, badan usaha milik negara (BUMN), partai politik dan badan-badan lainnya yang menggunakan anggaran dari negara.

Untuk menjaga ruh dari transparansi dan akuntabilitas badan publik tersebut, sebagaimana amanat undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik adalah tugas Komisi Informasi (KI) baik Pusat maupun Daerah.

Komisi Informasi menjadi garda depan dalam menjaga keterbukaan informasi badan publik dalam wujud transparansi dan akuntabilitas. Dibandingkan dengan lembaga sejenis seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Informasi memiliki fungsi yang tak kalah strategis untuk mengawal jalannya tata kelola yang baik bagi badan publik di Indonesia untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas badan publik. [RA]

tonton wawancara lengkapnya: