EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Rayakan HUT ke-124 Kota Negara, Bali dengan Menggelar Lomba Baleganjur Anak

Lomba yang digelar di Stage Pura Jagatnatha Jembrana, Negara, Bali, ini menampilkan sebanyak lima belas Sekaa Baleganjur Anak, yang diantaranya terdiri dari tiga Sekaa Baleganjur tingkat SD dan dua belas Sekaa Baleganjur tingkat SMP.

Adapun tiga Sekaa Baleganjur tingkat SD yang turut memeriahkan lomba baleganjur anak yang termasuk dalam rangkaian hari jadi Kota Negara ke 124 pada 23 Agustus 2019 lalu, masing-masing peserta adalah sekaa dari SDN 5 Yehembang, Kecamatan Mendoyo, SDN 1 Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, dan SDN 1 Tukadaya, Kecamatan. Sedangkan untuk dua belas Sekaa Baleganjur SMP yang tampil, masing-masing adalah sekaa dari SMPN 1 Negara, SMPN 3 Negara, SMPN 4 Negara, SMPN 1 Mendoyo, SMPN 2 Mendoyo,  SMPN 3 Mendoyo, SMPN 4 Mendoyo, SMPN 1 Melaya, SMPN 2 Melaya, SMPN 3 Melaya, SMPN 5 Melaya, dan SMPN  2 Pekutatan.

Sajian lomba baleganjur anak ini pun mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Lomba baleganjur anak yang juga disaksikan langsung Bupati Jembrana, I Putu Artha, ini tamapak menjadi ajang yang cukup bergengsi. Di tengah-tengah penampilan sekaa, terdengar keriuhan dukungan antar suporter. Bahkan adu yel-yel dari para suporter, juga kerap berkumandang menambah kemeriahan suasana di areal stage.

Sekaa Baleganjur dari SDN 5 Yehembang yang mengawali penampilan dalam lomba malam itu, menyajikan garapan berjudul ‘Abhinaya Swara Kumaragita’. Garapan tersebut, menampilkan kombinasi gerakan layaknya anak-anak yang sedang bermain. Gerakan tari yang dibawakan para anak-anak ini, spontan mendapat sambutan hangat dari penonton. Tidak jarang, tawa penonton juga pecah ketika melihat  aksi para anak-anak SD yang tampil begitu polos dan menggemaskan.

Tak kalah dengan Sekaa Baleganjur SD, saat memasuki penampilan Sekaa Baleganjur SMP, kemeriahan penonton semakin meluap. Diawali penampilan Sekaa Baleganjur dari SMPN 4 Mendoyo yang membawakan garapan tabuhan berjudul ‘Bala Kumara’. Gerakan tari dalam ‘Bala Kumara’ itu, mengekspresikan patriotisme dan semangat  pemimpin serta para pasukan muda yang cerdas, penuh loyalitas, totalitas, energik dan dinamis.

Tidak kalah menarik saat memasuki penampilan Sekaa Baleganjur dari SMPN Negeri 3 Negara dan SMPN 1 Negara.  Aksi adu yel-yel tidak terhindarkan mengiringi penampilan masing-masing sekaa tersebut. Dukungan para suporter dari kedua SMP yang termasuk sebagai tuan rumah di Kota Negara itu pun, dibalas dengan penampilan apik masing-masing sekaa.

Dalam lomba ini, Panitia menyiapkan hadiah uang kepada tiga pemenang di masing-masing kategori lomba Baleganjur tingkat SD dan SMP tersebut, untuk juara I berhak atas hadiah sebesar Rp 7 juta, juara II Rp 6 juta, dan juara III Rp 5 juta.

selain untuk memeriahkan HUT Kota Negara, lomba Baleganjur Anak juga bertujuan agar generasi muda Jembrana tetap mencintai seni budaya daerah, walau mereka hidup dalam era globalisasi yang mengedepankan seni modern. Lomba ini dapat memacu diri agar lebih giat dalam melestarikan budaya agar generasi muda hindu, khususnya di Jembrana dapat mencintai seni dan budaya yang telah diwarisinya. Kegiatan ini tidak sekadar mengejar hadiah, namun yang terpenting adalah meningkatkan daya kreativitas di bidang seni, sekaligus menghidupkan sekehe baleganjur di masing-masing sekolah.