EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

PPPA Karangasem Tingkatkan Eksistensi Peran Perempuan

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Karangasem menggelar workshop pada Rabu 2 Oktober 2019 lalu, di aula Satuan Pendidikan Sanggar Kegiatan Belajar Karangasem, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Bali.

Workshop ini dibuka Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Karangasem Ni Wayan Rustiani mewakili Kepala Dinas Priagung Duarsa

Kegiatan ini di ikuti oleh perwakilan dari 19 organisasi perempuan di Karangasem, Bali. Sebanyak 19 organisasi itu yakni IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Karangasem, WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia), DWP (Dharma Wanita Persatuan), GOW (Gabungan Organisasi Wanita), IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), HWK (Himpunan Wanita Karya), Forpela (Forum Perempuan Lintas Agama), Persit (Persatuan Istri Tentara), dan sebagainya.

Dikutip dari NUSABALI.COM dalam workshop tersebut Rustiani mengatakan, peran organisasi perempuan harus dimatangkan kemampuannya dan wawasan-nya dibuka agar menjadi organisasi yang lebih berperan di bidang pembangunan. Tujuan lainnya untuk meningkatkan kesetaraan gender. Semakin banyak ada sumbangan pemikiran maka semakin maju Karangasem.

“Terlebih lagi anggota organisasi perempuan itu berasal dari berbagai tingkatan intelektual dan status sosial, sehingga akan muncul beragam aspirasi untuk menguatkan seluruh organisasi yang ada,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pranata Sosial Kesbangpollinmas Karangasem I Wayan Subandi sebagai narasumber memotivasi peserta agar eksis beraktivitas di organisasi perempuan.

“Berorganisasi bisa menambah wawasan, berpikir lebih cerdas, kritis menyikapi masalah, dan berupaya menjaga keutuhan keluarga,” katanya.

Sebab seorang perempuan adalah pengendali utama di rumah tangga, sebagai pembimbing utama anak-anak bangsa, dan juga mampu membahagiakan suami dan anak-anaknya. [RA]