EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW (+62)813 84 90 8000
Registrasi

Sambutan Ketua Yayasan

SAMBUTAN

Sambutan Ketua Yayasan

Dharma Dana, Masa Depan Kita Bersama


OM Swastyastu,

Berbagi kepada sesama perlu terus dilakukan sebagai wujud kepedulian kita terhadap keberlanjutan kehidupan, generasi hari ini dan generasi yang akan datang. Kehadiran Dharma Dana sebagai sarana bagi kita untuk menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan tentu saja memiliki banyak manfaat.  Dalam jangka pendek, manfaat yang dapat kita rasakan adalah menumbuhkan sikap mental pada diri sendiri dan lingkungan sekitar akan pentingnya ajaran wairagya, ketidak-terikatan pada duniawi atau keikhlasan untuk berbagi.

Dharma dana sebagai implementasi dari Bhisama Sabha Pandita nomor 01/Bhisama/Sabha Pandita Parisada Pusat/X/2002 tentang dana punya telah ditetapkan sebesar 2,5 persen dari penghasilan. Bhisama tersebut kemudian diperkuat dengan keputusan Mahasabha IX tahun 2016 tentang Dharma Dana Nasional. Dengan demikian pelaksanaan penghimpunan dharma dana oleh umat Hindu dapat dilakukan secara sistematis, dan berkelanjutan dengan prinsip-prinsip manajemen modern.

Dalam operasional penghimpunan dharma dana, Parisada Pusat telah membentuk Badan Dharma Dana Nasional (BDDN) yang kemudian diperkuat melalui payung hukum Yayasan Adikara Dharma Parisad (YADP). BDDN – YADP sebagai badan resmi Parisada, kemudian telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan sebagai badan resmi untuk umat Hindu penerima Sumbangan Keagamaan yang Sifatnya Wajib yang Dapat Dikurangkan dari Penghasilan Bruto. Adanya keputusan tersebut telah menjadi fondasi bagi pengembangan kelembagaan penghimpunan dana dalam rangka mendukung program-program Parisada.

Namun demikian, dengan penuh kesadaran dan kerendahan hati kami menyampaikan bahwa keberhasilan BDDN – YADP sangat tergantung dukungan dan teladan kita bersama untuk melaksanakan kewajiban ber-dharma dana. Kami berharap, melalui BDDN – YADP akan tercipta suatu sistem yang benar-benar self-sustaining dan self-generating (berkesinambungan dan ada perbaikan dari waktu kewaktu) untuk mendukung kemandirian pendanaan program-program Parisada. Ya, Dharma Dana menjadi harapan untuk mencapai masa depan kita bersama. Mari kita sukseskan bersama…

OM Santih Santih Santih

I KOMANG ADI SETIAWAN
Ketua