EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Ritual Mendak Tirta Suku Tengger Sebelum Upacara Yadnya Kadasa

Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo melakukan ritual Mendak Tirta untuk menyambut Yadnya Kadasa yang akan berlangsung pada tanggal 17 – 18 Juli 2019 mendatang. Kegiatan ini berlangsung pada Senin 15 Juli 2019 kemarin. Ritual Mendak Tirta ini di lakukan masyarakat suku Tengger sebagai awal dari rangkaian upacara Yadnya Kadasa. Ritual Mendak Tirta merupakan ritual pengambilan air suci, sehingga upacara ini pun di lakukan di sumber air terjun mandakaripura, desa Negororejo, kecamatan Lumbang.

Dilansir dari detik. com, Camat Sukapura Kabupaten Probolinggo Bambang Heri Wahyudi menjelaskan mendak Tirta ini merupakan awal prosesi upacara Yadnya Kasada. “Mendak Tirta ini merupakan ritual tahunan masyarakat Suku Tengger, pemerintah akan terus memfasilitasi keperluanya yang dibutuhkan agar tetap lestari,” jelasnya.

Ritual umat hindu di Pasuruan dipimpin Mangku Mariono, dari Desa Wonotoro, di Goa Wododaren,  acara yang sama juga berlangsung di wilayah Lumajang, upacara di lakukan di mata air Ranupati. Air suci yang diambil dari berbagai tempat itu nantinya akan dibawa ke Pura Luhur Poten di Gunung Bromo untuk digunakan sebagai kelengkapan upacara Yadnya Kasada. Air dari berbagai tempat itu, disandingkan dengan air suci yang diambil dari tempat lain.

Ritual Yadnya Kasada suku Tengger dilaksanakan di lokasi Pura Luhur Poten kaki gunung Bromo Ngadisari Jawa Timur. Kegiatan tradisi yang di lakukan suku Tengger di Bromo saat Ritual Yadnya Kasada ke kawah Gunung Bromo adalah upacara selamatan desa, upacara Melasti dan pemilihan dukun adat.

Setelah pemilihan dukun adat, rombongan suku Tengger naik ke puncak Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 mdpl. Mereka membawa sesaji dalam jumlah banyak, berupa hasil pertanian, buah-buahan, juga hewan ternak. Sesaji inilah yang menjadi persembahan untuk para leluhur suku Tengger. Sesaji itu lalu dilempar ke dalam kawah sebagai pengantar harapan akan hidup yang lebih makmur.

Tata cara upacara Adat Kasada suku Tengger  melakukan upacara dengan beberapa urutan yang harus dilaksanakan agar upacara Kasada berlangsung dengan baik yaitu yang pertama Puja purkawa, lalu Manggala upacara, Ngulat umat, Tri Sandya, muspa, pembagian bija, diksa widhi, dan terakhir penyerahan sesaji di kawah Bromo. [RA]