EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Seleksi Utsawa Dharmagīta Tingkat Nasional Xiv Tahun 2020 di Provinsi Jakarta

Kegiatan Utsawa Dharmagīta (UDG) sebagaimana yang telah dilaksanakan selama ini. Untuk tingkat nasional Utsawa Dharmagīta dilaksanakan sekali dalam 3 (tiga) tahun. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan olah seni suara para peserta/ utusan dari Provinsi di seluruh Indonesia.

Di provinsi Jakarta peserta melakukan tahap seleksi di Pura Mustika Dharma Cijantung pada Minggu 25 Agustus 2019 kemarin.
Kegiatan yang di lombakan dalam seleksi Utsawa Dharmagīta adalah lomba Utsawa Membaca Śloka, Utsawa Membaca Palawākya, Utsawa Membaca Kakawin, Utsawa Dharmawacana, Utsawa Nyanyian Keagamaan Hindu, Utsawa menghafal Śloka, dan Utsawa Paricarca (Debat Keagamaan Hindu). Kegiatan lomba ini diikuti oleh peserta dari kalangan anak-anak sampai dewasa yang ada daerah Jakarta untuk menjadi perwakilan Utsawa Dharmagīta Tingkat Nasional XIV Tahun 2020 di Ambon, Maluku.

 

Nilai-nilai ajaran agama Hindu yang adiluhur tersirat di dalam Kitab Suci dan kitab-kitab susastra Hindu, baik yang berbahasa Sansekerta, Jawa Kuna maupun yang berbahasa daerah tersebut perlu digali dan diaktualisasikan melalui seni keagamaan agar memudahkan pemahaman dan penghayatannya. Dalam rangka menggerakkan pembinaan umat Hindu Nusantara inilah, dharmagīta dilombakan dalam bentuk Utsawa Dharmagīta dari tingkat daerah sampai tingkat nasional. Pembinaan dharmagīta digerakkan oleh Lembaga Pengembangan Dharmagīta (LPDG) baik di tingkat daerah maupun pusat. penyelenggaraan Utsawa Dharmagīta Tingkat Nasional XIV Tahun 2020 ini akan adakan di Ambon, Maluku pada bulan Juli 2020 mendatang. [RA]