EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Setelah tiga tahun berdiri, Sekolah Dasar (SD) Adi Widya Pasraman Saraswati Kupang akan diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional SD-MI

Sekolah Dasar (SD) Adi Widya, Pasraman Saraswati Kupang ini memiliki sisi keunikan dan kekhasan tersendiri karena merupakan sekolah dengan ciri khas agama Hindu. Dan merupakan satu satunya sekolah berbasis agama Hindu di Provinsi NTT.

Meskipun sekolah tersebut merupakan sekolah dengan ciri khas agama Hindu tetapi sekolah tersebut merupakan sekolah inklusi bagi semua golongan dan agama.
Yayasan Upanisada, menggariskan visi sekolah dengan penerapan nilai-nilai universal yakni perdamaian, persaudaraan dan hidup bersama dalam bingkai keanekaragaman.

SD Saraswati yang berada di bawah naungan Yayasan Upanisada Kupang ini telah menerima assesment dari tim asesor selama dua hari pada Selasa 5-6 November 2019 lalu.

Sebelumnya pada Sabtu 12 Oktober 2019 silam, Tim BAN SM Kota Kupang juga telah melaksanakan kegiatan sosialisasi telaah perangkat akreditasi di sekolah tersebut.

Meski baru berusia tiga tahun namun sekolah dengan kurikulum yang bernuansa agama Hindu tersebut telah memenuhi syarat untuk di akreditasi karena semua hal yang di perlukan telah dipersiapkan dengan baik oleh sekolah sesuai standar akreditasi yang ditetapkan. Dari seluruh standar akreditasi, sekolah ini telah memenuhi keseluruhannya.

Meski hasil asesmen yang dilakukan selama dua hari di sekolah tersebut, cukup baik namun para asesor secara diplomatis menyerahkan hasil asesmen terkait akreditasi ke pusat karena secara regulasi, hasil asesmen akan dikirim ke pusat baik secara online maupun offline dan setelah itu tinggal menunggu pengumuman dari pusat terkait hasil akreditasinya.

Ketua Yayasan Upanisada Kupang, Anak Agung Gede Sayang Mega Putra mengatakan pihaknya berusaha untuk memenuhi semua syarat yang ditetapkan agar dapat memperoleh akreditasi bagi sekolah.
Ia berharap tetap mendapat dukungan dan bimbingan dari semua pihak termasuk tim dalam rangka mewujudkan akreditasi pada sekolah sehingga sekolah tersebut dapat setara dengan sekolah lainnya yang telah berdiri.
“Kami berharap akreditasi ini dapat berjalan dengan baik, kami dari sekolah dan yayasan mendapat dukungan penuh baik dari PHDI maupun orang tua serta masyarakat dan pihak pemerintah,” ujarnya.

Harapannya agar dengan akreditasi maka pihak sekolah dapat meningkatkan kualitas sekolah untuk melahirkan output generasi muda yang berkualitas dan berkarakter sesuai dengan visi dan misi sekolah.