EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Sila Ketiga Pancasila dalam Hindu

Sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia mengandung makna bagi setiap individu. Setiap manusia Indonesia menempatkan persatuan dan kesatuan serta keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan. Setiap warga negara mendahulukan kepentingan bangsa dan negara serta rela berkorban bagi bangsa dan negaranya.

Pengorbanan didorong oleh rasa cinta tanah air Indonesia guna memelihara ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Persatuan dikembangkan atas dasar Bhinneka Tunggal Ika dengan memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Penerapan nilai-nilai tersebut sejalan dengan susastra Veda yang dituangkan melalui sloka/mantranya.

Penghargaan dan Kecintaan
“Bumi pertiwi memikul bebannya, mengalirkan sungai kemakmuran dengan ribuan cabang bagi masyarakat yang hidup dalam berbagai tradisi, budaya, bahasa, dan keyakinan. Hendaklah kamu hormat kepada-Nya dengan menumbuhkan penghargaan dan kecintaan yang tulus di antara mereka, seperti halnya induk sapi memelihara anaknya” (Atharva Veda XII.1.45)

Pemikiran Mulia
“Wahai manusia, bergeraklah maju tanpa saling bertentangan, karena kamu mengikuti tujuan yang sama. Hormatlah kepada orang tua dan para pemimpinmu yang memiliki pemikiran mulia dan ikut dalam pikiran yang sama. Berbicaralah dengan kata-kata yang manis di antara kamu. Aku akan mempersatukan dan memberkatimu dengan pemikiran-pemikiran yang mulia”. (Atharva Veda III.30.5)

Bangsa dan Negara
“Semoga kami waspada menjaga dan melindungi bangsa dan negara kami”. (Yajur Veda IX.23)

“Semoga kami dapat mengorbankan hidup kami untuk kemuliaan bangsa dan negara kami”. (Atharva Veda XII.1.2)

*