EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Suasan Masyarakat Bali di Berlin Rayakan Galungan

Ritual Hari Raya Galungan tidak hanya dirayakan di Indonesia. Di Jerman pun, masyarakat Bali yang tinggal di Berlin juga ikut melakukan ritual persembahyangan, lengkap dengan baju adat dan kain kamen pada 24 Juli 2019 lalu.

Upacara Hari Raya Galungan diselenggarakan di Pura Tri Hita Karana yang terletak di dalam salah satu taman terbesar di Ibu Kota Jerman, Gärten der Welt. Lokasinya tepat di sebelah kiri dari pintu masuk utara Taman ini. Layaknya taman yang terbuka untuk umum, saat ritual dilaksanakan banyak para pengunjung taman yang juga ikut menyaksikan upacara persembahyangan ini.

Saat berada di dalam pura suasananya persis seperti di Bali, itu karena Pura yang berada di dalam Balinesischer Gärten (Taman Bali) ini dibuat persis dengan atmosfir yang ada di Bali. Mulai dari suhunya, kelembaban udaranya sampai bangunan dan tanaman-tanaman yang ada di sekitarnya, taman Bali ini dibangun di dalam rumah kaca sehingga suhu dan kelembaban udara dirancang serupa dengan iklim tropis Bali, oleh sebab itu rumah kaca Taman Bali ini disebut sebagai Hall Tropis. Bali merupakan satu dari sekitar lima belas tema taman yang ada di Taman Dunia ini, di bagian depan Taman Bali juga dilengkapi sebuah kafe dengan ornamen khas Bali.

Meskipun jumlah masyarakat Bali di Berlin relatif sedikit, tetapi kegiatan-kegiatan yang dilakukan cukup banyak dan beragam,mereka melakukan ibadah rutin dan perayaan hari besar keagamaan umat Hindu, dalam kegitan-kegiatan itu mereka tergabung dalam Kelompok Nyama Braya Bali di Pura Tri Hita Karana.

Usai upacara persembahyangan Galungan selesai, Dubes Oegroseno sempat berbincang-bincang dan berfoto bersama dengan masyarakat Bali yang hadir.

Di lansir dari Detik.com Beate Reuber, Konsultan Senior sekaligus Ambassador Gärten der mengatakan Walaupun jumlahnya sedikit, yakni sekitar 15 orang, namun suasana akrab dan bersahabat sangat bisa dirasakan.

“Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan ya, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan untuk kita semua,” kata Dubes Oegroseno. [RA]