EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Suku Tengger Gelar Doa Bersama Jelang Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin

Antusiasme masyarakat atas pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin terjadi di berbagai tempat di Indonesia. Salah satunya oleh Suku Tengger, salah satu suku minoritas Hindu yang mendiami lereng Pegunungan Bromo, Lumajang, Jawa Timur.
Ratusan masyarakat Suku Tengger, sejak Kamis 17 Oktober 2019 kemarin sore, berkumpul di Pura Sanggar Agung, yang ada di Desa Argosari Kecamatan Senduro, Lumajang.
Doa bersama ini mereka lakukan karena dalam setiap tahapan Pemilu 2019 kemarin, kerap diwarnai dengan ketegangan. Puncaknya saat pengumuman Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada tanggal 21-22 Mei 2019 lalu, terjadi bentrok antara polisi dengan sekelompok masyarakat yang tak puas dengan hasil penghitungan oleh pihak KPU.

Selain mendoakan proses pelantikan berjalan lancar, mereka juga berharap pemerintahan mendatang mampu memenuhi janji-janjinya selama kampanye.
Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban, yang turut diundang dalam acara tersebut menyatakan, pihaknya siap menjamin keamanan Lumajang jelang dan pasca pelantikan Presiden-Wakil presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Suku Tengger selama ini dikenal memiliki kekhasan budaya tersendiri. Suku Tengger memiliki tradisi yang sangat berkaitan erat dengan gunung Bromo. Keunikan suku ini memiliki bahasa, kepercayaan dan kebudayaan yang terbilang unik di bandingkan dengan umat hindu pada umumnya.

Masyarakat Tengger yang bermukim di sekitar gunung Bromo ini terkenal dengan upacara yadnya kasadanya. [RA]