EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Umat Hindu Kaharingan Mulai Aktif Menggelar Persembahyangan Ditengah Pandemi

Umat Hindu Kaharingan Mulai Aktif Menggelar Persembahyangan Ditengah Pandemi

Beberapa waktu lalu ibadah di tengah pandemi Covid-19 telah di perbolehkan oleh pemerintah karena Indonesia mulai memasuki adaptasi kebiasaan baru (New Normal), namun tetap dengan menerapkan disiplin, menjaga jarak antar umat serta penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.
Hal tersebut ditunjukkan oleh sejumlah umat Hindu Kaharingan di Palangka Raya ketika menggelar persembahyangan rutin setiap Kamis malam di Balai Basara, Jalan Tambun Bungai.
Umat hindu kaharingan mulai melakukan persembahyangan dengan menerapkan disiplin jaga jarak antar umat, ini dapat terlihat dari garis-garis pembatas antar umat yang di buat pada lantai tempat melakukan persembahyangan, dan seluruh umat yang berada di sana pun di wajibkan menggunakan masker.
Menurut Ketua Majelis Agama Hindu Kaharingan Kota Palangka Raya, Parada Lewis KDR mengatakan kewajiban umat beragama untuk beribadah tetap dilaksanakan tetapi harus dengan mengatur jarak satu sama lain agar mencegah penyebaran virus Covid-19 saat beribadah. Aktivitas peribadatan dilakukan umat Kaharingan ini sudah dimulai sejak beberapa minggu yang lalu.
“pada hari biasa, tempat peribadatan hanya diisi oleh beberapa umat saja, karena memang dengan kondisi yang masih memasuki adaptasi menuju kenormalan baru,” tambah Parada, Selasa (11/8/20).
Sementara itu, salah seorang umat Hindu Kaharingan, Maladeva mengapresiasi tingkat kesiapan pengelola Balai Basara untuk menjaga agar umat bisa tetap beribadah di tengah pandemi Covid-19.
“Dengan kelonggaran dibukanya kembali tempat peribadatan ini, saya berharap diikuti pula oleh seluruh tempat ibadah yang belum memulai peribadatan dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya. [RA]