EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Upacara Melasti Menyambut Pujawali ke-10 Pura Amerta Bhuana

Upacara melasti dapat didefinisikan sebagai nganyudang malaning gumi ngamet tirta amerta, yang berarti menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.

Dalam rangka menyambut pujawali ke 10 Pura Amerta Bhuana yang diadakan pada Selasa 12 November 2019 mendatang. Seluruh umat Hindu di Batam menyelenggarakan upacara melasti di Sei Ladi tepatnya depan Pura Amerta Bhuana, pada Minggu 10 November 2019.
Upacara ini diikuti kurang lebih 800 orang. Dan dimulai sejak pukul 16.00 WIB.

Dikutip dari TribunBatam.com Bimas Hindu Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Eko Prasetyo sebagai penyelenggara mengatakan upacara melasti merupakan pembersihan Buana Agung dan Buana Alit.

Buana Agung adalah Alam Semesta ini dan buana alit adalah tubuh manusia atau panca indera yang tersusun dari panca mahabuta.

“Dimana tubuh kita terdiri dari unsur tanah, air, api dan udara. Melasti sendiri bertujan menyucikan pratima atau sarana upacara dan simbol-simbol ke DAM Sei Ladi,” kata Eko.

Selain itu, tujuan melasti ini adalah menghilangkan kekotoran yang ada di dunia ini. Menghilangkan penderitaan, penyakit, yang ditimbulkan oleh semua perbuatan perkataan pikiran negatif.

Ia menambahkan melasti juga bertuan untuk menyerap atau mengambil sari lautan.

Memohon doa kepada Dewa Wisnu dan penguasa air kehidupan, kemudian akan dibagikan kepada umat Hindu.

Upacara melasti ini diadakan di November jelang pujawali dan nanti Maret jelang Hari raya besar Nyepi.