EMAIL US AT info@dharmadana.id
CALL US NOW 0811 9999 101
Registrasi

Yoga Untuk Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau penurunan kualitas dan kepadatan tulang sehingga menjadikannya lebih rapuh dan mudah patah, ternyata tidak hanya dialami oleh seorang yang sudah lanjut usia.
Pada pabu 16 Oktober 2019 Suci Sutinah, Medic Advisor PT Bayer Indonesia mengatakan, seseorang yang masih dalam usia produktif pun memiliki risiko terkena osteoporosis sehingga harus dicegah sedini mungkin.

Osteoporosis ini tidak memiliki gejala berbeda dengan penyakit pada umumnya. Tetapi jika sudah terkena, maka risikonya cukup tinggi bahkan bisa menyebabkan kematian
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis, Yaitu dengan mengurangi kebiasaan merokok serta konsumsi minuman bersoda dan berkafein seperti kopi dan teh, menjaga berat badan proporsional, mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D, serta rutin berolahraga, salah satu olahraga terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis adalah yoga.
Astrid Amalia, Instruktur Yoga dan penulis buku mengatakan, gerakan-gerakan pada saat yoga dapat menguatkan tulang dan otot dengan cara yang sangat aman bagi siapa pun, baik untuk pencegahan maupun bagi yang sudah terkena osteoporosis.

Yoga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak mudah goyah.
Menurutnya, “gerakan yoga tersebut hanya perlu dilakukan selama 30 menit. Bahkan tidak perlu menggunakan matras, hanya dengan media kursi, gerakan yoga untuk mencegah osteoporosis bisa dilakukan di mana saja. Seperti contohnya yoga surya namaskar”

Surya namaskar, merupakan bagian dari yoga dan dianggap sebagai pemanasan.
Rutinitas ini populer di kalangan masyarakat Hindu India, sejak ratusan tahun lalu. Menurut mereka, gerakan ini merupakan bentuk penghormatan kepada dewa matahari yang telah memberikan berkat dan kehidupan kepada manusia. Saat ini surya namaskar bukan sekadar ritual penyembahan semata, namun banyak orang memanfaatkannya untuk melakukan peregangan pada setiap gerakan awal sebelum melakukan Asana.

Sesuai namanya, surya namaskar sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum makan dan beraktivitas.
Gerakan tersebut mampu membantu merevitalisasi tubuh dan membuat pikiran lebih fresh.
Jika Anda berminat untuk melakukannya di sore hari, surya namaskar juga dapat bermanfaat memberikan energi dan membantu tidur lebih lelap di malam hari. Selain dua keuntungan tersebut, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat lainnya seperti memperkuat otot dan persendian.

Gerakan surya namaskar seperti cobra position, downward facing dog, raised arms position, equstrian position, dan eight limbs position dapat membantu memperbaiki postur tubuh lebih baik. Tidak hanya itu, gerakan tersebut bisa memperkuat otot dan membantu menghilangkan rasa nyeri pada persendian.